Sejarah, Kelebihan, Serta Kekurangan Media Radio




Siapa pun pasti sudah tau Radio itu apa, sebuah media yang menggunakan satu arah dengan tujuan memberikan informasi atau berita. Dengan memanfaatkan frekuensi sebagai jangkuan luas agar bisa mencapai kepada seluruh masyarakat. Berkat para 3 tokoh ilmuwan kita sekarang bisa menikmati siaran radio yang bisa memberikan kamu hiburan dimana saja.

Kita tidak akan membahas bagaimana para ilmuwan tersebut bisa menemukan radio. Memang pada dasarnya perkembangan teknologi sangat membantu manusia dalam meraih banyak hal. Bahkan kamu bisa bermain taruhan di sbobet berkat perkembangan teknologi yang juga terjadi pada radio.

Sejarah Hadirnya Sebuah Radio

Melihat dari sejarah yang terjadi pada sebuah radio ternyata cukup menarik loh, Kali ini civilradio bakal mengulas bagaimana asal mula sampai kelebihan serta kekurangan media radio. Perkembangan radio sebagai fasilitas massa dulunya berkembang dibeberapa negara. Berawal dari Amerika Serikat dengan pengembangan penemuan Marconi oleh Dr. Lee De Forest pada tahun 1906, karena itu pula ia dijuluku “The Father of radio”.

Sejak saat itu radio terus berkembang dibeberapa negara seperti Inggris, Perancis, Uni Sovyet, Jepang dan RRC. Selain mengalami perkembangan, radio juga udah memasuki langkah penyempurnaan. Prof. E H Amstrong dari Universitas Columbia terhadap tahun 1933 memperkenalkan proses Frequency Modulation (FM) sebagai penyempurnaan dari Amplitudo Modulation (AM).

Kelebihan Serta Kekurangan Media Radio

Diantara media yang ada seperti televisi dan fasilitas cetak, radio mempunyai beberapa kelebihan dimana mampu digunakan dengan mudah, Tidak perlu ketrampilan spesifik dari seseorang seperti ketrampilan membaca karena radio merupakan media imajinatif. Selain itu penduduk mampu mendapatkan informasi dengan cepat dan gratis dari radio.

Keunggulan lain dari radio adalah sifatnya yang santai, karena sifatnya auditori (untuk didengarkan), lebih mudah orang menyampaikan pesan dalam bentuk acara yang menarik. Dalam perihal ini musik memegang fungsi yang terlampau mutlak karena pesan disampaikan diantara musik. Adapun kekurangan dari media massa ini adalah tidak mampu dilihat sehingga merupakan berita kilas (hanya sekali didengar dan tidak mampu diulang).

Selain itu tidak seluruh perihal mampu diinformasikan lewat radio dan karena sifatnya yang satu arah maka tidak teridentifikasi siapa yang mendapatkan atau terima info atau pesan yang disampaikan. Dengan kekurangan dan kelebihannya, radio udah jadi fasilitas massa yang mampu diandalkan, lumayan efektif dalam penyampaian pesan, dan selalu diminati meskipun banyak fasilitas lain. Seiring perkembangan waktu, jumlah pendengar radio terus jadi tambah dan radio terus bertahan menghadapi perkembangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post